Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?

Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?

Anak-anak dan remaja mempunyai kebutuhan nutrisi yang berlainan berasal dari orang dewasa. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, kebutuhan gizinya haruslah terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan nutrisi ini sebenarnya sanggup dikerjakan dengan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang. Pertanyaannya adalah, apakah orang tua tetap kudu menambahkan suplemen tambahan untuk anak?

6 nutrisi penting yang diperlukan anak
Selain karbohidrat, protein, dan lemak, tersedia nutrisi penting berbentuk vitamin dan mineral yang paling diperlukan oleh anak, di antaranya adalah:

1. Kalsium Suplemen vs Makanan: Manakah Sumber Nutrisi yang Paling Baik?
Mineral ini penting dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat terhadap anak-anak dalam masa pertumbuhan. Makin besar kepadatan tulang yang terbentuk sejak dini, maka makin lama rendah risiko mereka untuk mengalami gangguan tulang, layaknya osteoporosis, di masa tua nanti. Bila pola makan anak tidak mencukupi kebutuhan kalsiumnya, tubuh anak bakal menyita kalsium berasal dari tulang fungsi menjaga level darah yang normal. Hal ini sanggup berimbas terhadap tulang yang melemah.

Untuk itu, anak sebaiknya mencukupi kebutuhan kalsiumnya berasal dari susu dan produk olahannya, termasuk yogurt dan keju. Selain itu, kalsium termasuk sanggup ditemukan di salmon, sayuran berwarna hijau tua, kacang kedelai, serta makanan olahan yang telah diberi tambahan mineral kalsium.

2. Serat
Makanan yang mempunyai kandungan serat tinggi umumnya termasuk kaya bakal nutrisi-nutrisi penting lainnya, termasuk vitamin E, vitamin C, kalsium, magnesium, dan kalium. Serat sendiri merupakan nutrisi penting yang apabila tercukupi dengan baik sanggup mengoptimalkan pencernaan dan kesegaran usus, menopang pergerakan usus, dan kurangi risiko penyakit kronis, layaknya obesitas, penyakit jantung, diabetes model 2, dan lebih-lebih kanker usus dan kanker payudara.

Kekurangan nutrisi serat terhadap anak termasuk sanggup menyebabkan pengaruh tidak baik terhadap kesehatannya. Tanda yang paling lazim terjadi adalah masalah pencernaan, beberapa besarnya adalah sembelit dan diare. Sembelit termasuk mempunyai keterkaitan dengan pergerakan usus yang tidak tertib gara-gara kurangnya serat yang menyehatkan sistem pencernaan.

Banyaknya serat yang diperlukan anak adalah 14 gram per 1.000 kalori. Makanan yang mempunyai kadar serat tinggi yaitu brokoli, alpukat, oatmeal, dan kacang merah harga utsukushii afc .

Cara yang paling ideal untuk mengoptimalkan asupan serat termasuk nutrisi lainnya adalah dengan mengkonsumsi beras merah dan produk biji-bijian utuh daripada nasi putih, roti, dan pasta; makan buah utuh daripada mengolahnya menjadi jus; serta jadikan sayuran mentah dan buah fresh sebagai camilan di antara pas makan ketimbang menyantap keripik, cokelat batangan, dan cracker.

3. Vitamin B
Semua vitamin B penting untuk sistem metabolisme, pembentukan energi, dan menjaga kesegaran jantung serta sistem saraf. Salah satu vitamin B paling esensial adalah B12 banyak yang terdapat di produk daging dan produk olahan yang telah difortifikasi.

Anak yang kekurangan vitamin B12 sanggup mengalami tanda-tanda kelelahan, tubuh melemah, kemerahan di lapisan bibir (stomatitis), nafsu makan berkurang, dan berat badan turun. Terkadang, defisiensi vitamin B12 termasuk sanggup membuat masalah pencernaan berbentuk sembelit dan diare. Tipe penyakit anemia bernama anemia megaloblastik termasuk sanggup menyerang anak yang kekurangan model nutrisi ini. Anemia megaloblastik adalah situasi di mana sel darah merah berukuran lebih besar berasal dari rata-rata.

4. Vitamin D
Bersama dengan kalsium, vitamin D menopang pembentukan tulang dan gigi yang kuat terhadap anak. Vitamin tulang dan gigi untuk anak dan dewasa ini berperan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh dan menjaga sehingga kadarnya tetap normal.

Anak yang kekurangan vitamin D sanggup mengalami tanda-tanda layaknya nyeri tulang, perkembangan gigi yang buruk, risiko tulang patah yang tinggi, kram otot, postur tubuh pendek, dan rakitis atau kelainan terhadap perkembangan tulang.

Sumber utama vitamin ini adalah cahaya matahari pagi. Tetapi, makanan layaknya ikan salmon, makarel, kuning telur, dan susu termasuk mempunyai kadar vitamin D.

5. Vitamin E
Vitamin E diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meyakinkan peredaran darah terjadi lancar. Jika anak tidak sanggup mencukupi jumlah vitamin yang diperlukan oleh tubuh, ia sanggup mengalami gangguan terhadap refleks dan koordinasi tubuhnya. Anak dengan defisiensi vitamin E termasuk sanggup susah terjadi dan mempunyai otot yang lemah. Kekurangan vitamin E termasuk sanggup membuat anemia atau pecahnya sel darah merah (anemia hemolitik) terhadap anak.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin E, anak sanggup menyantap makanan yang mempunyai kandungan vitamin E, termasuk minyak sayur, layaknya minyak bunga matahari, kacang almond, hazelnut, dan biji bunga matahari.

6. Zat besi
Zat besi menopang sel darah merah mengedarkan oksigen ke semua tubuh serta menopang otot menaruh dan gunakan oksigen. Kekurangan zat besi terhadap anak sanggup membuat masalah kesehatan. Dalam situasi yang terbilang sedang, anak sanggup menderita anemia, di mana tubuh tidak mempunyai lumayan sel darah merah yang sehat. Jika tidak ditangani, perkembangan dan perkembangan anak sanggup terganggu. Kamu sanggup memperoleh mineral ini berasal dari sumber daging merah, bayam, kale, kacang merah dan kedelai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *